TAMPILKAN WAJAH BARU, MUSEUM BENTENG VREDEBURG BUKA KEMBALI JUNI 2024

 

Penulis: Wisista Syahda

Gerbang Masuk Museum Benteng Vredeburg di Yogyakarta pada Jumat (24/5/2024). 
Foto: Wisista Syahda/Yogyakarta.

YOGYAKARTA - Museum Benteng Vredeburg berlokasi di Kota Yogyakarta merupakan destinasi wisata yang cocok untuk liburan panjang bersama keluarga, sahabat, maupun dengan pasangan kalian pada Jumat, (24/5/2024).

Cuaca pada hari itu berubah-ubah, terkadang mendung terkadang juga panas yang menyengat ke tubuh.

Tetapi, wisatawan tetap berbondong-bondong ke Museum Benteng Vredeburg yang punya wajah baru. Museum ini lebih kekinian dan lebih modern untuk menarik pengunjung.

“Saya dari Bandung ke sini mau liburan lalu mampir ke tempat ini, saya ingin tahu di dalam sini ada apa karena lihat orang-orang ramai di luar,” ujar Deni (51) pengunjung berkaus navy itu pada Jumat (24/4/2024).

Wisatawan jauh-jauh dari luar Kota Yogyakarta penasaran dengan tempat ini karena dari luar sangat terlihat struktur bangunan yang indah.

Kebetulan saat saya mengunjungi pada hari itu ke Museum Benteng Vredeburg sedang menggelar event Hardiknas (Hari Pendidikan Nasional). Pekan Hardiknas namanya, untuk memperingati Hari Pendidikan. Museum yang tengah direvitalisasi ini dibuka sementara selama tiga hari, yaitu Jumat, Sabtu, dan Minggu.

Proyek revitalisasi dilakukan guna memperbaiki kerusakan pada sejumlah bangunan-bangunan diorama termasuk juga sarana publik seperti toilet, musala dan taman.

“Kalau untuk tarif dan tiket kita juga ada pembaruan, tetapi kita masih belum bisa untuk menyampaikan berapa atau peningkatannya karena memang tarif kemudian bangunan masih banyak persiapan jadi kita masih belum memastikan,” ucap Dwipayana Prabhakusuma (23) seorang edukator atau tour guide di Museum Benteng Vredeburg.

Saya dikenakan tarif tiket sebesar Rp 0 atau gratis hanya perlu memindai barcode lalu mengisi daftar hadir dikarenakan museum ini masih dalam proses pembenahan. Adapun lahan parkir motor dan mobil di pintu masuk sebelah selatan.

Suasana di sekitar Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta pada Jumat (24/5/2024).
Foto: Wisista Syahda/Yogyakarta.


Suasana lingkungan di sekitar sangat asri, dikelilingi berbagai jenis tanaman, dan pohon-pohon hijau yang memberikan keteduhan. Pemandangannya juga menenangkan mata dan pikiran, sehingga pengunjung dapat merasakan kenyamanan dan ketenangan.

Museum Benteng Vredeburg memiliki berbagai gedung-gedung yang dapat dikunjungi. Gedung itu disebut diorama, diorama merupakan ruangan yang menampilkan miniatur-miniatur 3 dimensi dan koleksi barang bersejarah perjuangan bangsa Indonesia. Terdapat diorama 1 sampai diorama 4, masing-masing diorama mempunyai koleksi bersejarah.

“Ya, kita sengaja diorama tuh ada wahana, LED screen, sama fitrin, fitrin itu untuk koleksi yang asli. Karena kita sebenarnya main miniatur nih di setiap diorama ada miniatur, ada visual penggambaran dan untuk visual lebih aslinya kita pakai fitrin, jadi kita menampilkan koleksi asli nah disamping itu kita ada wahana, wahana itu ada beberapa diorama ini,” ucap Dwipayana Prabhakusuma (23) seorang edukator di Museum Benteng Vredeburg.

Wisatawan berinteraksi dengan visualisasi gambar dua dimensi pada Jumat (24/5/2024).
Foto: Wisista Syahda/Yogyakarta.

Museum dengan konsep reimajinasi ini menyajikan cerita sejarah perjuangan bangsa Indonesia yang menarik melalui visualisasi gambar dua dimensi, serta penggunaan layar LED yang canggih untuk menampilkan animasi dan video, sehingga membantu pengunjung merasakan pengalaman belajar yang interaktif.

“Menurut saya, konsep ruangan yang paling menarik adalah ruangan diorama karena menggambarkan berbagai peristiwa dalam sejarah Indonesia dengan sangat detail dan realistis melalui visualisasi gambar yang dapat disentuh, sangat membantu khususnya anak-anak dan remaja untuk memahami konteks sejarah,” jelas Lay Allyssya (16) perempuan berkerudung bergo.

Selain itu, Vredeburg juga menampilkan wahana-wahana di beberapa diorama, termasuk motion comics dengan warna yang memanjakan mata dan ada wahana relief.

Pengunjung mengabadikan wahana motion comics di Museum Benteng Vredeburg pada Jumat (24/5/2024). Foto: Wisista Syahda/Yogyakarta.

Belum lengkap rasanya kalau jalan-jalan ke tempat cantik tanpa berburu spot foto menarik. Vredeburg memberikan area yang punya spot foto Instagramable untuk mempercantik Instagram kamu.

Suasana Siang Hari Bastion Corner di Museum Vredeburg pada Jumat (24/4/2024). Foto: Wisista Syahda/Yogyakarta.

Hal baru di Benteng Vredeburg adanya spot foto Instagramable menghadap langsung ke Bank Indonesia di sebelah selatan Yogya. Spot ini diberi nama Bastion Corner yang dilengkapi dengan area duduk-duduk dan meja untuk bersantai sambil menikmati camilan dari foodcourt dekat Taman Patriot. Saat itu area foodcourt juga sedang dalam proses revitalisasi. Bastion Corner menjadi tempat favorit pengunjung di sana.

“Semua tempat memiliki kelebihan dan feel yang berbeda-beda. Tapi favorit saya adalah saat naik ke balkon yang viewnya menghadap ke Bank Indonesia,” ucap Astrid Rahmidewi (43) pengunjung perempuan berambut lurus.

Vredeburg Night Activity merupakan kegiatan baru di setiap malam Jumat, Sabtu, dan Minggu. Ini berupa pertunjukan water fountain/air mancur, pertunjukan video mapping yang LED menyorot ke tembok memutarkan film sejarah Benteng Vredeburg. Pertunjukan ini kemungkinan akan mulai pada Juni.

“Vredeburg Night Activity ini kemungkinan akan di mulai pada bulan Juni,” ujar Dwipayana Prabhakusuma (23) seorang edukator di Museum Benteng Vredeburg.

Tidak ada alasan lagi untuk tidak mengunjungi Museum Benteng Vredeburg di liburan panjang nanti. Selain menambah pengetahuan, berkunjung ke museum juga bisa menjadi ajang rekreasi yang menyenangkan bagi seluruh keluarga. Dengan segudang cerita dan artefak bersejarah yang menanti, museum adalah tempat di mana masa lalu hidup kembali, menunggu untuk dijelajahi dan dipahami oleh kita semua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GINDA: ANAK MUDA KOTA SOLO HARUS MELEK POLITIK

GOL PERTAMA INDONESIA VS UZBEKISTAN OFFSIDE, PENONTON DI SOLO KECEWA